BLOG QURANGGENAHEPOOLZ











{17 Juli 2008}   WISATA KEBUMEN

Berkunjung ke wisata alam merupakan seni tersendiri. Disamping dapat membuktikan keagungan Tuhan YME, petualangan di alam bebas memberikan kepuasan batin yang tiada banding.

Di Kebumenpun ada beberapa lokasi wisata alam, antara lain :


1. GOA JATIJAJAR


Terletak 21 Km sebelah barat daya Kecamatan Gombong, atau 42 Km sebelah barat daya kota Kebumen. Legenda di dalam goa menggambarkan legenda Raden Kamandaka atau legenda lutung kasarung. Panjang goa adalah 250 meter. Di area Goa Jatijajar ini juga terdapat beberapa goa lainnya, seperti Goa Intan dan Goa Dempok serta tersedia taman dan Pulau Kera. Untuk menuju ke obyek wisata ini telah tersedia sarana dan prasara transportasi, penginapan serta rumah makan yang relatif representatif. Patung Dinosaurus yang seolah memuntahkan air dalam lokasi wisata ini sebenarnya merupakan muara dari mata air dari dalam goa jatijajar yang tiada pernah berhenti walau musim kemarau sekalipun.
Obyek wisata Goa Jatijajar dilengkapi taman yang asri dilengkapi dengan taman bermain. Taman ini diberi nama Pulau Kera, karena di taman ini terdapat banyak patung kera. Digerbang Mulut Goa Jatijajar, terdapat lobang di antara stalagnit, sehingga bila cahaya matahari masuk terlihat sangat indah. Goa Jatijajar merupakan bukti dari legenda Kamandaka (Lutung Kasarung), dimana kisah ini secara tersirat dikisahkan melalui patung-patung yang ada di dalam Goa Jatijajar.

Di dalam goa Jatijajar terdapat sebuah mata air (sendang) yang konon kabarnya akan membuat awet muda bagi yang mencuci muka di sana. Ingin bukti, datang dan cobalah…..
Disamping Goa Jatijajar, masih terdapat goa yang lain seperti Goa Dempok ini. Stalagtit yang terdapat di dalam Goa Dempok terbentuk secara alami selama ratusan atau bahkan ribuan tahun yang lalu. Hingga kini masih terjaga keasliannya. Goa Intan berada satu lokasi dengan obyek wisata Goa Jatijajar. Goa ini memiliki keunikan tersendiri dengan langit goa yang relatif tidak terlalu tinggi.

2. GOA PETRUK
(Petruk Cave)


Terletak 7 Km selatan Goa Jatijajar. Petruk diturunkan dari nama pengikut setia Pandawa dalam Cerita pewayangan. Goa ini sangat mempesona. Tetesan air kapur terdengar bagaikan kebisingan yang tiada henti. Banyak stalaktit yang menyerupai bentuk kehidupan di dunia, seperti halnya stalaktit seperti anjing duduk ini. Stalaktit ini sangat memukau pengunjung karena menyerupai Tokoh Semar dalam cerita pewayangan. Gorden raksasa akan mengingatkan betapa Maha Kuasanya Tuhan YME dan segala ciptaannya di bumi dan di langit.
Boneka-boneka mungil terdapat di dalam Goa Petruk diantara aliran air dalam gua yang sejuk. Stalaktit ini sangat mirip dengan payudara yang tidak terdapat di tempat lain. Tangan anda dapat menyentuhnya karena dinding goa yang tidak terlalu tinggi.


3. PANTAI AYAH


Terletak 9 Km dari Goa Jatijajar. Pantai pasirnya sangat luas dan mempesona. Wisatawan dapat menyewa perahu sambil menatap indahnya perbukitan. Di sini anda dapat menyaksikan matahari tenggelam yang mengagumkan.

4. PANTAI KARANGBOLONG


Nuansa perbukitan yang asri dan lambaian pohon kelapa serasa menyejukkan hati. Pantai Karangbolong menyimpan berbagai keindahan. Disamping pantai yang menawan, Pantai Karangbolong juga menyimpan keindahan karang dengan sarang burung waletnya.


5. PANTAI PETANAHAN


Terletak 17 Km Barat daya Kota Kebumen. Dengan ombak besarnya, Pantai Petanahan memiliki daya tarik tersendiri. Di lokasi ini juga dilengkapi panggung terbuka bagi acara-acara seni rakyat. Sangat disarankan agar pengunjung hanya bermandi di pantai yang terbatas pada garis batas yang diperbolehkan, karena ombak yang sangat besar terkadang memakan korban jiwa.

6. ARUNG JERAM PADEGOLAN


Lokasinya sepanjang sungai Padegolan yang akan membuat hidup bagai mimpi. Jika anda petualang sejati, cobalah arungi tantangan ini dan raih kemenangan alami

7. PANTAI PASIR


Pantai Pasir dipercayai sebagai pintu gerbang Nyai Roro Kidul
(Pasir Beach) Terletak 24 Km sebelah selatan Kota Gombong atau 7 Km sebelah barat pantai Karangbolong. Dibalik keindahan alam yang memukau, Pantai Pasir diyakini masyarakat setempat sebagai pintu gerbang Istana Nyi Roro Kidul. Adapun pintu gerbang tersebut berupa Batu Karang yang seperti berujud Beruang yang sedang minum air telaga. Disamping wisata alam pantai yang menawan, Pantai Pasir juga merupakan lokasi menarik bagi yang suka berbelanja hasil laut, karena Pantai Pasir juga merupakan tempat pelelangan ikan (TPI) utama Kabupaten Kebumen. Pemandangan di sekeliling Pantai Pasir merupakan perpaduan antara alam laut yang indah, pegunungan yang anggun serta wilayah pertanian dan pertambakan yang subur.

8. Pantai Tanjung Bata dan Pantai Menganti


Pantai Tanjung Bata dan Pantai Menganti memiliki karang terjal dengan bukit yang keperak-perakan serta pasir putih yang menawan.
Kedua pantai ini merupakan obyek wisata bagi wisatawan yang menyukai tantangan dan sedikit resiko. Lokasinya 7 Km dari Pantai Ayah. Untuk menuju lokasi ini wisatawan harus berjalan kaki sejauh 3 Km dari lokasi parkir kendaraan terdekat. Bentangan datar dekat Pantai Tanjungbata begitu indahnya. Panorama alam pantai yang menawan. Kerasnya ombak Pantai Selatan tidak menggoyahkan tebing karang yang tegar ini. Bentuk karang laut inilah yang membuat Pantai ini disebut Tanjungbata karena bentuknya yang mirip Batu Bata raksasa. Bila anda pernah datang ke Pantai Kuta Bali, maka anda akan merasakan kekaguman yang sama saat melihat Pantai Pasir Putih Menganti ini. Ombak yang tidak terlalu keras membuat obyek wisata ini sangat menarik sebagai lokasi santai sambil bermain di pantai pasir putih yang lembut. Investasi di Pantai ini merupakan tantangan bagi investor yang berminat mengembangkannya.


9. PEMANDIAN AIR PANAS KRAKAL


Pemandian Air Panas Krakal memiliki mata air yang tidak pernah kering walau musin kemarau panjang sekalipun. Kitapun dapat mandi berendam sekedar menglihangkan lelah, tapi bagi sebagian orang banyak yang memanfaatkanya untuk obat kulit seperti gatal-gatal dan sebagainya.

10. WADUK SERBAGUNA SEMPOR


Waduk Serbaguna Sempor memiliki pemandangan alam indah, dilengkapi dengan arena bermain anak-anak, tempat parkir, cottage serta panggung terbuka.

11. WADUK WADAS LINTANG


Waduk Wadaslintang mempunyai luas sembilan kali Waduk Sempor. Letaknya 34 Km Arah Timur Laut Kota Kebumen. Waduk ini banyak dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk budi daya ikan. Kita dapat menyewa perahu untuk berkeliling waduk dan melihat lokasi budi daya ikan yang berada di tengah waduk. Waduk wadaslintang sangat indah dengan pemandangan pegunungan-pegunungan yang mengelilinginya di tambah hembusan angin yang sepoi-sepoi membuat kita betah berlama disekitar waduk.

12. BENTENG VAN DER WIJCK


Terletak di kota Gombong kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Dibangun pada abad ke XVIII oleh Belanda untuk pertahanan, dan bahkan kadang-kadang untuk menyerang. Nama benteng ini diambil dari VAN DER WIJCK, nama yang terpampang pada pintu sebelah kanan, kemungkinan nama komandan pada saat itu. Mudah dicapai dengan kendaraan pribadi atau transportasi umum 21 km dari Kebumen, atau 100 km dari Candi Borobudur. Benteng ini kadang dihubungkan dengan nama FRANS DAVID COCHIUS (1787 – 1876), seorang Jenderal yang bertugas di daerah barat Bagelen yang namanya diabadikan menjadi Benteng GENERAAL COCHIUS. Selanjutnya Benteng pertahanan ini digunakan untuk sekolah militer.

Data tehnis Benteng :

  • Luas Benteng atas 3606,625m2.
  • Benteng bawah 3606,625 m2.
  • Tinggi Benteng 9,67 m, ditambang cerobong 3,33 m.
  • terdapat 16 barak dengan ukuran masing-masing 7,5 x 11,32 m.

Tapi sekarang nilai budaya benteng ini mulai sedikit berkurang karena sebagian besar pengunjungnya dihari2 biasa sepasang muda-mudi yang hanya memanfaatkan untuk bermadu kasih. Alangkah baiknya mengunjungi Benteng Van Der Wick sebagai liburan keluarga. Selain membuang penat kita juga dapat memperkenalkan peninggalan-peninggalan yang bernilai budaya kepada anak-anak kita.


JARAK LOKASI

Jarak Antar Kota

Jakarta – Kebumen 420 Km
Bandung – Kebumen 318 Km
Purwokerto – Kebumen 80 Km
Semarang – Kebumen 180 Km
Magelang – Kebumen 90 Km
Yogyakarta – Kebumen 110 Km
Solo – Kebumen 175 Km
Surabaya – Kebumen 437 Km


Jarak Obyek-obyek Wisata

Kebumen – Gombong 21 Km
Kebumen – Krakal 11 Km
Gombong – Goa Jatijajar 21 Km
Gombong – Goa Petruk 25 Km
Gombong – Pantai Ayah 29 Km
Gombong – Karangbolong 18 Km
Goa Jatijajar – Goa Petruk 7 Km
Goa Jatijajar – Pantai Ayah 11 Km
Goa Petruk – Pantai Ayah 4 Km
Kebumen – Pantai Petanahan 19 Km
Kebumen – Karang Sambung 18 Km

Iklan


dito06 says:

sebenarnya banyak juga ya wisata di kebumen.



isdiyanto says:

saatnya jalan-jalan nih…



muhjamil says:

Salam Hormat, Salam Senyum Kanggo Sedulur Kabeh
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Perkenalkan, Saya H.M.Jamil,SQ,MPd ingin meminta dukungan Saudara dalam pemilihan Caleg DPR RI PPP 2009 Dapil Kebumen, Banjarnegara & Purbalingga.
Semoga bermanfaat bagi kita semua.
Salam Hangat buat Keluarga Anda
Wassalamu’alaikum Wr.Wb.



Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

et cetera
%d blogger menyukai ini: